Tak Lama Lagi Seluruh Desa di Kabupaten Cirebon Terkoneksi Internet

oleh

CIREBON, (SGOnline).-

Bupati Cirebon, H Imron, terus melakukan inovasi untuk mengembangkan Kabupaten Cirebon. Kini, mantan Kepala Kantor Kementerian Agama setempat itu, menggandeng Telkom agar seluruh desa bisa terkoneksi internet.

Saat menggelar pertemuan dengan managemen PT Telkom, Bupati mengaku jika dirinya ingin Kabupaten Cirebon, tidak kalah bersaing dengan wilayah lain. Untuk mendukung daya saing itu, perlu adanya peningkatan fasilitas informasi dan teknologi.

“Kita harus bisa menggali dan mengembangkan potensi yang ada, salah satunya melalui fasilitas telekomunikasi. Kabupaten ini sangat luas dengan 2 juta penduduk. Melalui fasilitas internet, diharapkan bisa memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Imron, Senin (13/7/2020).

Ia menyontohkan, pelayanan KTP yang banyak dibutuhkan masyarakat, perlu dibuat inovasi. Hal tersebut untuk mempermudah warga yang lokasinya jauh dari pusat kabupaten di Sumber. Dengan fasilitas internet, nantinya pengurusan KTP bisa dilakukan hanya melalui kecamatan setempat saja.

Imron juga menuturkan, rumahnya di Kedawung Cirebon dipasang fasilitas internet dan dibuka untuk umum, sehingga masyarakat bisa memanfaatkannya dengan baik.

Mempercepat proses

Sementara itu, Manager Marketing Devisi Telkom Regional III Jawa Barat, Heru Agung Nugrahanto, menjelaskan, Telkom sedang mempercepat proses penyediaan infrastruktur di seluruh desa di Kabupaten Cirebon.

Menurut Agung, saat ini sudah ada sekitar 200 desa yang terkoneksi jaringan internet fiber optik. Ia memperkirakan, dalam tiga bulan ke depan, seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Cirebon, sudah bisa terkoneksi jaringan fiber optik.

“Triwulan tiga ini, kita kebut semua, sehingga 412 desa di Kabupaten Cirebon bisa terkoneksi internet. Kabupaten Cirebon akan menjadi kabupaten pertama yang seluruh desanya tersambung jaringan fiber optik,” katanya. (Andi/SGO)