Tak Pakai Masker, Kena Sanksi Sosial dan KTP Disita Polisi

oleh -5 views

CIREBON, (SGOnline).-

Petugas gabungan yang terdiri dari Satpol PP, TNI dan Polri gencar melakukan Operasi Yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan di sejumlah titik di Kota Cirebon, salah satunya di perempatan Gunungsari, Rabu (16/9/2020).

Dalam operasi tersebut, masih saja didapati warga yang tidak menaati protokol kesehatan covid-19, seperti pengendara yang tak mengenakan masker. Ada juga warga yang hanya mengaitkan masker di lehernya. Para pelanggar tersebut kemudian didata dan diberi sanksi.

Namun hal unik terjadi dalam razia, seorang pemuda yang tidak membawa identitas dan tidak mengenakan masker, tidak hafal ketika diminta membaca Pancasila. Ia pun menawar kepada petugas untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Sejumlah warga terlihat menahan tawa, karena pemuda tersebut ternyata tidak bisa menyanyikan lagu kebangsaan tersebut dengan benar dan lantang. Suaranya justru nyaris tidak terdengar, sehingga membuat petugas memintanya untuk bersuara nyaring.

“Warga yang tidak menaati protokol kesehatan terpaksa kami data. Hasilnya di perempatan Gunungsari tercatat ada lima pelanggar. Bahkan satu di antaranya tidak memiliki KTP,” kata Kasi Binwasluh Satpol PP Kota Cirebon, Mudaim.