Tak Tersentuh Perhatian, Rumah Nenek Kamen Nyaris Ambruk

oleh -194 views


CIREBON, (SGOnline).-

Nasib Nenek Kamen (72 tahun) sebentar lagi berubah. Setelah sekian lama tinggal di rumah tak layak huni di Dusun 1 Blok Manis RT 03 RW 01, Desa Kendal, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Yayasan Nusatan Utama (Yanu) bakal merenovasi rumahnya dalam waktu dekat.

Kondisi rumah Nenek Kamen memang patut dibantu, terlebih selama ini pemerintah daerah belum memberikan bantuan perbaikan. Padahal ia bersama keluarga, termasuk cucunya tinggal di rumah tersebut sejak lama. Bila hujan tiba, atap rumah bocor hingga lantainya kerap tergenang.

Dinginnya udara yang menusuk tulang pun sering ia rasakan. Namun semua itu harus ia terima karena keterbatasan ekonomi yang membuatnya tidak bisa berbuat banyak. Padahal secara fisik, kondisi rumah Nenek Kamen boleh dibilang nyaris ambruk.

Selain itu, usia yang terus menua, membuat Nenek Kamen sulit beranjak dari kasurnya yang lusuh. Ia pun hanya terbaring lemah saat pengurus Yanu Cabang Cirebon, Puguh Purwandono menyambangi kediamannya. Hanya satu kata yang pantas untuk rumah lansia ini, patut dibantu.

Nyaris putus asa

Sementara itu, tokoh masyarakat setempat, Izam mengatakan, sudah berkali-kali ia meminta bantuan ke pemerintah setempat, namun sampai saat ini belum ada bantuan yang datang. “Saya sudah mencoba mencari bantuan ke pemerintah, agar rumah keluarga Nenek Kamen direnovasi, tapi belum juga mendapat bantuan,” tuturnya.

READ  Pemkot Cirebon Terpaksa Sesuaikan RPJMD

Setelah nyaris putus asa mencari donatur, Izam, mendapat informasi jika Yanu Jakarta bisa memberikan solusi yang ia cari selama ini. “Alhamdulillah akhirnya kami ketemu Yanu dan bersedia membantu merenovasi rumah Nenek Kamen,” ujarnya

Setelah itu, pengurus Yanu Cabang Cirebon, Puguh Purwandono, mendatangi rumah Nenek Kamen, untuk melihat langsung kondisi rumahnya yang nyaris ambruk.

“Kami sudah melihat rumah nenek Kamen, kondisinya memang sudah tidak layak. Kami dari Yanu siap merenovasi sampai rumah ini layak huni, insyaAllah untuk renovasinya akan dilakukan pada Sabtu, 20 Juni 2020 nanti,” paparnya. (Andi/SGO)