Ternyata di Puncak Linggasana Ada Ladang Kopi Lho!

oleh -115 views
Team Liputan Suryagrageonline.com

KUNINGAN, (SGOnline).-

Linggasana merupakan salah satu desa di Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat yang letaknya secara geografis berada di kaki Gunung Ciremai. Dengan adanya jalur baru pendakian melalui Desa Linggasana, selain menambah jalur pendakian juga mampu menggairahkan kembali budidaya kopi di Linggasana. Apalagi di daerah ini terdapat ladang kopi yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu, tepatnya di puncak Linggasana.

Saat blusukan ke Desa Linggasana, Wakil Bupati Kuningan, M. Ridho Suganda menyempatkan waktu untuk ngawangkong, ngobrol santai sambil lesehan dengan karang taruna, Paguyuban Petani Kopi.

M Ridho Suganda mengapresiasi inisiatif pengembangan wisata di Desa Linggasana. Hal ini tentunya sejalan dengan obsesi Kabupaten Kuningan yang memiliki visi Kuningan Maju berbasis Desa. “Visi Kuningan ini ingin mencetak desa-desa pinunjul, salah satunya melalui bidang wisata, terlebih lagi lokasi di puncak Linggasana ini memiliki daya tarik tersendiri yaitu masih terjaganya keasriannya,” ungkap Wabup.

Lebih lanjut, Wabup berharap, untuk senantiasa menjaga kebersamaan dan kekompakan yang sudah terbangun, seperti yang dilakukan saat ini, dimana masyarakat memiliki kepedulian untuk membuka akses jalan dengan swadaya masyarakat.

Lebih jauh Ridho menjelaskan, budi daya Kopi merupakan suatu kesatuan, mulai dari tingkat petani dengan memilih lahan dan bibit yang baik, prosesing pascapanen hingga pemasaran, semua tahapan tersebut merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. “Tempat ini juga memiliki keunikan tersendiri dengan adanya lahan kopi yang sudah bisa diproduksi oleh masyarakat setempat, sehingga kopi tersebut bisa dinikmati langsung di sini,” katanya.

Wabup berpesan agar pengelolaan kopi dapat dikemas dan dipasarkan keluar daerah. Untuk itu harus selalu diperhatikan kualitasnya dan untuk pengembangannya pemerintah daerah siap membantu memajukan lokasi wisata ini. (Andin/SGO)