Ternyata Ini Lho Filosofi Capcay

oleh
capcay

MAMA saya suka beli capcay di Rumah Makan (RM) Maxim, yang berlokasi di Jalan Bahagia, Kota Cirebon. Sekarang RM Maxim berganti nama jadi RM Magna. Ie Un Hwa, mamanya Imelda Susanti bersama keluarga Imelda Susanti suka traktir saya makan RM Maxim.

Saya pilih capcay sebagai makanan favorit. Ketika saya menikah dan pindah ke Bandung, jika istri tidak masak, kami pesan capcay di Golden, Jalan Taman Kopo Indah I Bandung.

Capcay adalah salah satu masakan khas Tionghoa yang ada di semua kota. Capcay (Hanzi: 雜菜; Pinyin: zácài; Pe̍h-ōe-jī: cha̍p-chhài; “aneka sayuran”) adalah dialek Hokkian yang berarti harfiah, “aneka ragam sayur”.

Capcay berasal dari dialek bahasa Hokian. Ada yang mengartikan cap adalah sepuluh cay adalah sayuran. Ada juga yang mengartikan capcay, sebagai masakan yang terdiri dari berbagai macam unsur jenis bahan masakan.

Umumnya, bahan masakan yang ada di capcay, seperti jamur kancing (jamur merang), jamur kuping, wortel, sawi putih, sawi hijau, jagung muda, kol, brokoli, kapri, buncis, tomat, udang, baso sapi, atau ayam.

Keindahan dari keragaman

Capcay biasanya digoreng atau direbus. Capcay yang enak biasanya dicampur dengan tepung sagu, sehingga kental dan lengket. Bumbunya bawang bombay, bawang merah, bawang putih, dan ada yang menggunakan saos tiram, atau jahe.

Ketika kita mengamati masakan capcay, ternyata mengandung filosofi kehidupan. Soalnya, capcay terdiri dari aneka jenis masakan dan beragam bumbu. Ada keindahan dari keragaman. Masakan yang enak adalah masakan yang terdiri dari aneka bumbu dan rasa, kehidupan yang indah adalah kehidupan yang beraneka ragam.

用各种香料烹制的各种蔬菜将创造出美味可口的味道,生活的多样性将带来生活的美 Yòng gè zhǒng xiāngliào pēng zhì de gè zhǒng shūcài jiāng chuàngzào chū měiwèi kěkǒu de wèidào, shēnghuó de duōyàng xìng jiāng dài lái shēnghuó dì měi.

Artinya, aneka sayuran yang dimasak dalam beraneka bumbu, akan tercipta rasa yang lezat dan nikmat, keragaman dalam kehidupan akan timbulkan keindahan hidup. Itulah filosofi yang terkandung dalam masakan capcay. (*)

Oleh Jeremy Huang