Tiga Kuwu yang Warganya Terlibat Tawuran Teken Draf Perdamaian

oleh -133 views


CIREBON, (SGOnline).-

Sebagai upaya menjaga kondusivitas warga, tiga kepala desa/kuwu di Kecamatan Suranenggala dan Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, yakni Kuwu Sirnabaya, Kuwu Purwawinangun dan Kuwu Mertasinga menandatangani 3 draf yang direkomendasikan Pemkab Cirebon. Penandatanganan tersebut sebagai buntut bentrokan massa yang terjadi di tiga wilayah tersebut.

Kesepakatan damai disaksikan Ketua Forum Kuwu, Camat Suranenggala, Camat Gunungjati, Kepala Kesbangpol Kasatpol PP, Sekda dan Forkopimda yang digelar di Kantor Kecamatan Suranenggala, Selasa (16/6/2020).

Dalam kesempatan itu, Bupati Cirebon H. Imron, berharap, setelah penandatanganan kesepakatan damai, tidak akan terjadi lagi konflik di tengah masyarakat. Sebab, konflik akan berdampak pada ketentraman dan keharmonisan bermasyarakat.

“Oleh karena itu, saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Cirebon, khususnya di Kecamatan Suranenggala dan Kecamatan Gunungjati, mari kita duduk bersama, diskusi bersama karena sesungguhnya tidak ada masalah yang tidak dapat terselesaikan, saatnya kita membangun kebersamaan,” tandas H Imron.

Proses hukum tetap berjalan

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Cirebon Kota, AKP Deny Sunjaya, menegaskan, kepolisian akan tetap menjalankan proses hukum bila ada warga yang melanggar norma hukum, seperti mengganggu ketentraman hingga merugikan orang lain.

“Kami akan memberikan tindakan hukum sesuai fakta laporan yang ada di TKP. Sebab, negara kita adalah negara hukum, maka panglima tertinggi kita adalah hukum,” AKP Deni Sunjaya. (Rilis/Andi/SGO)