Tjutju Widjaja, Melukis Kehidupan dengan Prestasi

oleh -3.094 views
Tjutju Widjaja

用成就描绘生活 Yòng chéngjiù miáohuì shēnghuó, pelukis kaligrafi Tiongkok dan pelukis kontomporer. Ada sebuah pepatah mengatakan, 用墨水和成就笔在生活的画布上描绘生活.

Yòng mòshuǐ hé chéngjiù bǐ zài shēnghuó de huàbù shàng miáohuì shēnghuó. Artinya. Lukislah kehidupan di kanvas kehidupan dengan tinta dan kuas prestasi.

Pada masa Dinasti Shang (1600-1046 SM), untuk pertama kali ada kaligrafi Tiongkok. Kemudian terus berkembang di masa Dinasti Han (206-220M). Di masa akhir Dinasti Han, karakter Hanzi memulai era baru, yakni penulisan karakter sebagai sebuah seni.

Tjutju Widjaja merupakan seorang pelukis kaligrafi Tiongkok. Selain itu, ia juga sebagai pelukis kontemporer. Tjutju Widjaja mampu melukis alam, melukis anak-anak, melukis banyak tokoh dengan teknik lukisan kontomporer.

Tjutju Widjaja mengajar seni rupa di Universitas Kristen Maranatha Bandung dan mengajar di ISBI (Institute Seni dan Budaya Bandung). Beliau juga mengajar lukis kaligrafi Mandarin di Pondok Pesantren Darul Inayah yang berlokasi di Jala Cipeusing RT 04/04 Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

Menikah dengan Wiria Wibowo

Tjutju Widjaja saat ini berusia 79 tahun. Ia adalah putri dari Surya Widjaja. Tjutju Widjaja tahun 1967 menikah dengan Wiria Wibowo dan dikaruniai 6 anak.

Keenam putra-putri tersebut bernama, Hanny Wibowo MM, lulusan Bachelor Seatle Amerika, Sanny Wibowo S1 (Fisip) dan S2 Unpar, Eddhy Rahardjo S1 lulus di Texas, mendapat gelar MBA di Honolulu.

Kemudian, Winny Wiriani S1 Unpar dan S2 di Unpad jurusan Kenotariatan, MBA di Honolulu, meraih gelar doktor hukum di Unpar. Lenny Wibowo lulusan Institute Interior Singapura dan terakhir Widhiani Wibowo.

Tjutju Widjaja terkenal sebagai pakar MLM. Dari tahun 1990-1997 selalu menjadi trainer (Instruktur/Pebimbing) dalam setiap seminar MLM. Tahun 1988-1997 Tjutju Widjaja menjadi Instruktur Senam Sehat Indonesia.

Tjutju Widjaja pada usia 67 tahun lulus S1 di Maranatha. Lalu pada usia 69 tahun lulus S2 ITB, saat ini lagi menyelesaikan S3 di ITB. Inilah prestasi yang berhasil ditorehkan selama kariernya.

Pertama, Indonesia Art Now, kedua, beliau meraih juara 2 Internasional Kaligrafi China tahun 2010 di Shanghai,  dan ketiga masuk 30 nominasi pelukis Jawa Barat. Tjutju Widjaja juga pernah mengadakan Pameran Lukisan Tunggal, dengan lokasi Pulman Hotel tahun 2017 di Jakarta, Cemara Hotel tahun 2016 di Jakarta, Anggrek Hotel tahun 2010 di Bandung, Universitas Kristen Maranatha 2008 Bandung.

Wartawan koran

Selain itu, Tjutju Widjaja juga pernah mengadakan pameran lukisan bersama di luar negri, yaitu 2015 Face 2015 Eco Gallery Tokyo Jepang, 2014 mengikuti pameran di Asia Invitation Art Exhibition Seoul Korea Selatan.

Pada tahun 2019, kabar duka menghampiri Tjutju Widjaja, karena Wiria Wibowo meninggal dunia. Tjutju Widjaja juga bekerja sebagai wartawan koran harian Mandarin Guo Ji Ri Bao sejak 2001.

Saat ini, Tjutju Widjaja membuat aneka kue dan roti, juga tetap melukis.
Beliau tetap semangat berkarya, terutama melukis. Tjutju Widjaja masih memiliki impian untuk pameran tunggal lagi setelah pandemi berakhir.

Tetap berkarya dan berprestasi di usia senja. Mengucap syukur selalu apapun kondisi kita. Jangan patah semangat. Lukislah kanvas kehidupan kita dengan prestasi dan perbuatan baik, supaya karya karya kita dikenang orang. (*)

Oleh Jeremy Huang

Hayyyy  hallo..... Mas, Mba... Sis  Bro... dah pada daftar menjadi mahasiswa baru UGJ belum.....ituloh Universitas Swadaya Gunung Jati.... Dulu kalian mengenalnya dengan Unswagati

Diatas ada panduan cara mendaftar online via fasilitas BJB ya....? dan juga panduan untuk melakukan heregistrasi/registrasi bagi yang sudah dinyatakan Lulus....

Semoga kalian bisa lulus dengan jurusan/program studi yang dicita-citakan

Kuliah....kuyyy ke UGJ