Tradisi Sabumi Terus Dilestarikan Warga Blok Batukarut Kuningan

oleh -99 views

KUNINGAN, (SGOnline).-

Kabupaten Kuningan memiliki beragam budaya/tradisi yang turun temurun dilakukan masyarakatnya. Kearifan lokal tersebut tentu memiliki nilai-nilai luhur, karena merupakan warisan budaya yang terus dilestarikan hingga generasi saat ini. Salah satunya adalah Sabumi.

Sabumi merupakan adat budaya yang diperingati setahun sekali dan hanya dilakukan kaum muslimin. Sabumi sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, atas limpahan rezeki yang diberikan kepada manusia sebagai makhluk ciptaan-Nya. Biasanya, Sabumi digelar setelah masyarakat menikmati hasil bumi.

“Saya patut berbangga hati dengan warga Blok Batukarut, khususnya RT 02 RW 05, Kelurahan Awirarangan, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, karena terus melestarikan kearifan lokal ini, sekaligus menjaga nilai-nilai luhur agama Islam,” kata mantan Ketua Pemuda Batukarut, M. Hasby kepada Surya Grage Online, Sabtu (29/8/2020).

Sabumi, lanjut dia, juga menanamkan kecintaan Islam kepada generasi muda. Dengan harapan, bisa menguatkan akidah agat tidak mudah goyah di tengah terpaan modernisasi yang cenderung melenakan.

“Pesan saya, wajib hukumnya berpegang teguh terhadap agama Islam. Tanamkan rasa cinta terhadap agama Islam yang kita anut, sehingga kita terbiasa beribadah untuk bekal di akhirat nanti. Pedomannya satu, hidup dan mati hanya untuk Islam,” tandas M. Hasby.