Ular Sanca Sepanjang 5 Meter di Kandang Ayam Gegerkan Warga Cikadu

oleh
Ular sanca batik ditangkap warga Desa Cikadu, Kecamatan Nusa Herang, Kuningan, Senin (20/7/2020).

KUNINGAN, (SGOnline).-

Warga Desa Cikadu, Kecamatan Nusa Herang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, menemukan ular sanca batik sepanjang 5 meter di kandang ayam miliknya, Senin (20/7/2020).

Ular seberat 25 kg itu, ditemukan Eman (55 tahun), warga RT 01 RW 01, ketika hendak memberikan pakan ayam. “Tadi pagi pas saya mau ngasih makan ayam, pas saya buka pintunya, kok ada ular yang melingkar, panjangnya sekitar 5 meteran,” papar Eman.

Eman menduga, ular tersebut sudah lama bermukim di lingkungannya dan menjadi penyebab banyaknya ayam yang hilang. Terlebih, ia melihat perut hewan melata tersebut besar dan banyak warga lain yang merasa kehilangan hewan ternaknya.

Tak menunggu lama, Eman langsung memberitahu warga sekitar, untuk membantunya menangkap ular sanca batik itu. “Memang ular itu tidak beracun, tapi lilitannya sangat kuat. Jadi saya ngasih tahu tetangga yang lainnya untuk ramai-ramai nangkap ular ini,” ujarnya.

Selang satu jam kemudian ular tersebut berhasil diamankan warga, dengan dimasukkan ke dalam karung. “Alhamdulillah ular berhasil dikarungin, dan akan dijual kalau ada yang nawar,” tutur Eman. (Ruddy/SGO)