Urus Adminduk, tak Perlu Surat Pengantar RT/RW

oleh -66 views

INDRAMAYU, (SGOnline).-

Sesuai Peraturan Presiden (Perpres) No 98 tahun 2018 tentang Persyaratan dan Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil yang disahkan pada 18 Oktober 2018, menyatakan pembuatan dokumen kependudukan tidak lagi memerlukan surat pengantar baik dari RT, RW, kelurahan maupun kecamatan, tetapi mengurus langsung ke Kantor Dispendukcapil.

Ditemui Surya Grage Online di ruang kerjanya, Selasa (5/11/2019), Kepala Bidang Pendaftaran Kependudukan Disdukcapil Kabupaten Indramayu, H. Kanadi Mono Isman mengatakan, setelah terbit Perpres No 98 tahun 2018 masyarakat sangat dimudahkan dalam mengurus adminduk, pada aturan tersebut diterangkan dalam pembuatan KK baru hanya butuh surat nikah dan keterangan pindah alamat bagi anggota baru, untuk KK perubahan hanya butuh KK lama dan surat pernyataan perubahan.

Pembuatan e-KTP hanya butuh KK, perubahan e-KTP butuh KK dan surat keterangan pindah, pembuatan akta kelahiran butuh surat keterangan lahir, buku nikah, KK dan e-KTP selanjutnya untuk pembuatan akta kematian hanya butuh surat kematian.

“Sebenarnya Perpres No 98 tahun 2018 diberlakukan sudah lama setelah adanya surat edaran dari Kemendagri RI, dengan tujuan untuk mempermudah dan mempercepat masyarakat yang ingin mengurus adminduk,” terangnya. (Rat/SGO)