Video Syukuran ASN Jadi Dalih Warga tak Patuhi Protokol Kesehatan

oleh -357 views


KUNINGAN, (SGOnline).-

Beredarnya video syukuran pejabat Pemkab Kuningan di tengah pandemik virus corona, dinilai ikut memicu ketidakdisiplinan masyarakat dalam menjaga kesehatannya, terutama enggan mengenakan masker. Bahkan jika diingatkan, warga justru berdalih jika corona sudah hilang sesuai video pejabat yang sempat viral tersebut.

“Iya sejak viralnya ASN yang menyelenggarakan syukuran di masa PSBB, terlihat masyarakat sekarang banyak yang tidak mau memakai masker. Kalau diingatkan, malah dibalikkan ke kita, jadi serba salah. Tugas selama 2,5 bulan seolah sia-sia, gawe cape teu kapake,” keluh petugas Satpol PP Kuningan, Ade Rudianto, Senin (8/6/2020).

Untuk itu, ia berharap, sebagai pembina ASN, Sekda Kuningan agar memberi sanksi kepada ASN yang sudah berperilaku demikian. “Kepada jenderalnya ASN di Kuningan, saya berharap agar ditindak secara tegas, agar kami tidak menjadi bulan-bulanan warga. Sebab kamilah yang langsung berhadapan dengan masyarakat. Di sisi lain pun kami belum pernah dirapid test,” ujar Ade yang masuk dalam tim Petugas Tindak Internal (PTI) Satpol PP Kuningan.

Harusnya kasih contoh

Sementara itu, salah seorang warga yang hendak berkunjung ke pusat pembelanjaan, Sari warga Lingkungan Pasapen, ketika ditanya kenapa tidak memakai masker, menyatakan jika Kuningan sudah aman. “Ya pan, Kuningan sudah aman, buktinya sudah ada ASN yang ngadain makan-makan, jadi corona mah sudah aman dong,” tutur Sari.

READ  Kapolres Cirebon Kota Siap Kerja Sama dengan Insan Pers

Sari pun menginginkan adanya kejelasan dari Pemerintah Kabupaten Kuningan. “Kalau emang belum aman, ya kasih tau dong dengan benar, jangan kita disuruh tertib tapi yang lain malah memberikan contoh tidak benar,” tandas Sari. (Ruddy/SGO)