Wagub: Bangsa Indonesia Sangat Butuh Orang yang Paham Ilmu Agama

oleh

CIREBON, (SGOnline).-

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, mengunjungi Pesantren Tarbiyatul Banin di Kelurahan Kaliwadas, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon. Kunjungan tersebut sekaligus meresmikan Gedung CBT Center An-Nasher, Selasa (2/3/2021).

Menurutnya, Islam di Jawa Barat berasal dari Cirebon. Sebab, Cirebon merupakan wilayah yang bersejarah dengan peradaban Islamnya. “Islam yang ada di Sukabumi, Tasik, Bandung dan wilayah Jabar semua Islamnya berasal dari Cirebon,” kata Uu.

Uu menjelaskan, selama ini pesantren sudah banyak membantu pemerintah. Kontribusi pesantren tidak diragukan lagi dengan ikut membantu pembangunan negeri di berbagai sektor.

“Pondok pesantren ini sudah beberapa ribu alumninya, baik keluaran SMA maupun perguruan tinggi yang mampu memahami ilmu agama. Yang luar biasanya lagi, mereka ikut berkontribusi kepada bangsa dan negara,” ungkapnya.

Ia pun mengungkapkan, saat ini bangsa Indonesia sangat membutuhkan orang yang memahami ilmu agama.

“Hari ini sudah sangat terasa, sudah jarang orang hidup di pesantren. Dulu orang dari pesantren pergi bekerja keluar pesantren dan pulang ke pesantern lagi. Artinya, santri-santri ini manusia yang sangat berharga. Mereka menjadi intan-intan Jawa Barat yang akan menjadi penerang masyarakat,” kata Wagub Uu.