Walikota: ASN dan Masyarakat Diminta Beli Produk UMKM

oleh -63 views

CIREBON, (SGOnline).-

Walikota Cirebon mengajak seluruh aparatur sipil negara (ASN) membeli produk-produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kota Cirebon. Semangat membangun bersama harus diterapkan untuk membangun kembali daerah di masa pandemi Covid-19 ini.

Hal tersebut disampaikan Walikota Cirebon, H Nashrudin Azis, saat upacara peringatan Hari Jadi ke-651 Kota Cirebon tahun 1442 H/2020 M di halaman Setda Balaikota Cirebon, Kamis (20/8/2020).

“Pada kesempatan ini, kami secara khusus meminta ASN untuk membeli produk-produk yang dihasilkan UMKM di Kota Cirebon. Dengan cara itu, perekonomian perlahan akan meningkat,” ungkap Azis.

Pada kesempatan itu, Azis mengingatkan, ulang tahun Cirebon kali ini mengambil tema, ‘Semangat Membangun Bersama’. Tema tersebut sangat tepat untuk menyemangati seluruh elemen masyarakat untuk menggerakkan kembali dinamika kehidupam di masa pandemi Covid-19 ini.

Dengan semangat membangun bersama pula, lanjut dia, maka agenda-agenda penting terkait program prioritas ‘bersih, hijau dan tertib’ yang sempat tertunda tahun ini kembali dirancang ulang.

“Kita semua tahu, pandemi Covid-19 membuat APBD Kota Cirebon mengalami banyak penyesuaian dan terkontraksi 12,79 persen. Anggaran belanja juga mengalami rasionalisasi dan refocusing untuk belanja pencegahan dan penanganan dampak Covid-19, serta mengalami penurunan 12,20 persen. Sedangkan belanja langsung 2020 yang mengalami rasionalisasi juga menurun 21,95 persen,” ungkap Azis.