Walikota: Masyarakat yang Enggan Pakai Masker Lebih Baik di Rumah Saja

oleh

CIREBON, (SGOnline).-

Walikota Cirebon, H Nashrudin Azis, mendatangi sejumlah pertokoan untuk menyosialisasikan penggunaan masker kepada masyarakat di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB), Kamis, (3/9/2020).

Hal tersebut dilakukan sebagai respon atas meningkatnya jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Cirebon, yang salah satunya dipicu akibat rendahnya kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, seperti penggunaan masker dan menjaga jarak (physical distancing).

“Kami memberikan imbauan kepada masyarakat, terutama pemilik toko agar tidak melayani pembeli yang tidak memakai masker,” kata Azis di sela sosialisasi penggunaan masker bersama Tim Pencegahan Covid-19 Kota Cirebon.

Azis mengungkapkan, saat ini peraturan daerah (perda) yang mengatur interaksi masyarakat di masa AKB sedang dikaji dan jika sudah disahkan, maka para pelanggar akan mendapat sanksi tegas. “Tujuan dibuatnya Perda, untuk mendorong tingkat kedisiplinan masyarakat agar Covid-19 tidak semakin meluas,” ujarnya.

Temuan di lapangan, masih banyak masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan. Mereka diberikan teguran. Walikota meminta masyarakat yang enggan mengenakan masker lebih baik di rumah saja. (Herwin/SGO)