Walikota Tegur Warga yang tak Kenakan Masker

oleh -5 views

CIREBON, (SGOnline).-

Walikota Cirebon, H Nashrudin Azis, mendatangi sejumlah pasar tradisional untuk menyosialisasikan pentingnya menerapkan protokol kesehatan kepada pedagang dan pengunjung pasar, Sabtu (5/9/2020).

Adapun pasar yang dikunjungi Tim Pecegahan Covid-19 Kota Cirebon, yaitu Pasar Pagi, Kanoman dan Pasar Kramat. Sebelumnya, Tim yang dipimpin Walikota itu mendatangi sejumlah pertokoan untuk memberikan teguran kepada masyarakat yang tidak memakai masker atau tidak menerapkan protokol kesehatan.

Azis mengakui, masih banyak warga yang belum sadar pentingnya menerapkan protokol kesehatan. Padahal hal itu dapat mencegah penularan Covid-19. “Mereka membawa masker, tapi tidak dipakai, ada yang digantung di leher dan hanya disimpan di saku,” katanya.

Ia menuturkan, peraturan daerah (perda) yang mengatur penerapan protokol kesehatan selama masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) masih dikaji dan ditargetkan rampung bulan ini. “Jika perda tuntas, maka masyarakat yang melanggar protokol kesehatan akan diberi sanksi,” ujarnya.

Terkait adanya peningkatan jumlah kasus positif Covid-19, Azis meminta agar menjadi perhatian seluruh lapisan masyarakat. Ia tidak melarang warga beraktivitas seperti biasa, tapi harus selalu mengenakan masker dan menjaga jarak sosial. (Herwin/SGO)