Wujud Kemanunggalan, TNI Realisasikan Mimpi Petani

oleh

CIREBON, (SGOnline).-

Sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat, anggota Koramil 1502/Kadugede Kodim 0615/Kuningan melaksanakan kegiatan karya bhakti, yakni membersihkan rumput di sekitar tempat penyimpanan air/embung di Desa Windujanten, Kecamatan Kadugede, Kabupaten Kuningan, Kamis (23/7/2020).

Selain anggota Koramil 1502/Kadugede, kegiatan tersebut juga diikuti 15 warga dan Kepala Desa Windujanten, Rohman Hidayat. Sebelumnya, Pemdes Windujanten hendak membangun embung untuk pengairan lahan pertanian seluas 16 hektare, namun terkendala dana.

“Kita berikan solusi kepada mereka untuk membangun embung. Setelah kemarin dilakukan pengukuran untuk pembangunan tembok penahan tanah. Hari ini kita bergotong royong dengan warga setempat membersihkan rumput-rumput dan material lainnya. Insya allah, secepatnya kita akan membangun embung atau tempat penyimpanan air,” kata Danramil 1502/Kadugede, Kapten Czi Nasri.

Pangan rakyat

Danramil 1502/Kadugede mengungkapkan, pembangunan embung ini sangat penting dalam mewujudkan kedaulatan pangan rakyat. Manfaatnya akan sangat dirasa petani saat menghadapi musim kemarau.

“Sekarang kan sudah mulai musim kemarau. Terutama untuk yang lokasi tanahnya jauh dari jalur irigasi atau lahan tadah hujan. Embung ini memang sangat dibutuhkan petani guna kelancaran usahanya di bidang pertanian,” ungkapnya.

Kepala Desa Windujanten, Rohman Hidayat, menyampaikan terima kasihnya kepada Kodim 0615/Kuningan, yang membantu memberikan solusi terbaik bagi kelompok petani di Desa Windujanten. (Rilis/Andi/SGO)