Yuk, Berwisata ke Balong Dalem Babakan Mulya

oleh -126 views

HARI libur merupakan momen penting dalam kehidupan sebuah keluarga, karena sepanjang waktu kerja kita disibukkan dengan rutinitas sehari-hari. Oleh karena itulah rekreasi menjadi salah satu pilihan paling bijak untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang tercinta.

Rekreasi memiliki banyak manfaat yang bisa diraih secara bersamaan, seperti fresh-nya perasaan dan pikiran kita, mempererat hubungan emosional antar keluarga dan yang tak kalah penting adalah dengan rekreasi kita bisa menjadikan hidup ini terasa lebih indah.

Jika Anda merasa bingung untuk menentukan tujuan tempat wisata yang ingin dikunjungi, tidak ada salahnya jika Anda menyisihkan waktu untuk mengunjungi obyek wisata alam Balong Dalem di Desa Babakan Mulya, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Balong Dalem dalam bahasa Sunda yang artinya kolam dalam. Memang benar kedalaman kolam ini mencapai 2,5 meter. Maka bagi Anda yang belum bisa berenang, tidak disarankan untuk berenang di Balong Dalem. Namun jangan khawatir Anda masih bisa bermain dengan ikan–ikan yang berusia 4-5 tahun dari atas sampan yang tersedia
di Balong Dalem.

Selain itu di Balong Dalem juga ada sumber mata air alami yang terletak di sebelah barat. Mata air tersebut digunakan oleh lima desa yang ada Kecamatan Jalaksana. Saat Surya Grage Online melakukan penelusuran, ternyata sumber mata airnya masih tetap mengalir meski di musim kemarau.

Menurut pengelola Wisata Balong Dalem, Iksan, pada bulan Oktober di malam Jumat Kliwon biasanya akan digelar prosesi adat kawin cai, yaitu prosesi mengawinkan dua sumber mata air yang berada di Cibulan dengan mata air di Balong Dalem. Hal tersebut merupakan bentuk rasa syukur terhadap Sang Pencipta atas karunia-Nya selama ini.

“Hulu cai atau sumber mata air Balong Dalem akan dikawinkan dengan mata air tujuh sumur yang ada di Cibulan. Karena menurut kepercayaan masyarakat di sini, Balong Dalem sebagai perempuannya dan tujuh sumur sebagai laki–lakinya,” tutur Iksan.

Di sekitar kolam Anda akan menemukan begitu banyak pepohonan yang rindang, seperti mahoni, jati, kayu putih dan pepohonan khas endemik pulau jawa lainnya, sehingga menambah keasrian dan kesejukan obyek wisata Balong Dalem.

Beberapa pengunjung terlihat sedang menikmati pemandangan sekitar Balong Dalem sambil berswaphoto. Salah satunya Cici pengunjung asal Cirebon yang datang bersama temannya. Ia mengatakan obyek wisata Balong Dalem adalah tempat yang unik, banyak tempat yang menarik untuk berswaphoto.

“Saya sering berwisata ke Kuningan, karena tempatnya sejuk, kalo di Balong Dalem ini tempatnya unik,” ujar Cici.

Selain kolam dan sumber mata air, di objek wisata Balong Dalem yang dikelola PDAU ini dilengkapi dengan fasilitas berupa bumi pekemahan, kamar untuk menginap yang berjumlah 12 kamar, gazebo, aula kecil, toilet dan musala. Namun sayang kesadaran pengunjung masih kurang. Hal itu terlihat beberapa pengunjung yang membuang sampah di sembarang tempat. Padahal peringatan untuk menjaga kebersihan lingkungan sudah dipasang. (Andin/SGO)