Yuk Kenali Sejarah Hari Uang di Indonesia

oleh -50 views

HARI Uang Nasional biasa diperingati setiap tanggal 30 Oktober dan pada tahun 2019 ini merupakan peringatan ke-73 sejak ditetapkan pertama kali Oeang Republik Indonesia (ORI).

ORI kala itu tampil dalam bentuk uang kertas satu sen, dengan gambar muka keris terhunus dan gambar belakang teks UUD 1945, yang ditandatangani Menteri Keuangan saat itu, A.A. Maramis. ORI sendiri pertama dicetak oleh percetakan Canisius dengan design sederhana, yaitu dua warna dan memakai pengaman serat halus.

Setelah Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, kala itu Menteri Keuangan, Sjarifuddin Prawiranegara adalah orang yang pertama kali mengusulkan agar Pemerintah RI segera menerbitkan mata uang sendiri sebagai pengganti mata uang negara Jepang. Namun karena keterbatasan dana dan prasarana usulan tersebut tidak langsung dilakukan.

Baru pada tanggal 2 Oktober 1945, Pemerintah RI mengeluarkan maklumat yang berisi tentang tidak berlakunya uang NICA (Nederlandsch Indie Civil Administrative) di Indonesia.

Sebagai gantinya pemerintah Indonesia mencetak dan meresmikan uang kertas Republik Indonesia atau yang dikenal dengan ORI. Kemudian selang satu tahun dua bulan ORI baru diterbitkan dan resmi beredar pada 30 Oktober 1946.

Hari terbitnya ORI diperingati sebagai Hari Uang Nasional, yang kini sebagai Hari Keuangan Nasional. Hari tersebut merupakan pengingat bahwa kemunculan ORI sebagai alat pemersatu bangsa sekaligus lambang identitas dan kedaulatan Indonesia di mata dunia. (Andin/dari berbagai sumber)